Dalam genggaman tangan Tuhan

Dalam genggaman tangan Tuhan

Minggu, 24 Juni 2012

Unconditional love

Ini bukan cerita tentang sepasang manusia yang sedang dimabuk cinta. Tapi salah satu cerita tentang hewan peliharaan yang sangat setia dan sangat mencinta. Anjing.

Ini cerita tentang anjing milik Aki kecil dulu. Aki tinggal di kaki gunung. Tak jauh dari sebuah taman nasional dengan hutannya yang masih rimbun. 
Aki memelihara seekor anjing kampung, yang setia menunggunya setiap pulang sekolah. Suatu hari, Aki tidak melihat anjingnya menyambutnya. Aki kecil mencari cari anjingnya,tapi tidak ditemukannya. 
Ternyata anjing Aki sudah dibuang ke hutan oleh kakaknya. Karena anjing itu suka membuat kelinci kelinci peliharaan kakaknya resah.
Aki kecil hanya bisa menagis, meraung dan berduka. Tapi anjingnya tidak kembali lagi.
Tidak ada lagi yang setia menyambut Aki sepulang dari sekolah. Tidak ada lagi kibasan ekor yang gembira saat diajak bermain.


Berbulan bulan setelah hari itu berlalu, pada suatu malam kelinci kelinci di kandang riuh dan mengeluarkan suara yang belum pernah Aki dengar. Aki kecil keluar dan melihat kelinci kelinci begitu ketakutan sehingga mengeluarkan suara seperti jeritan. 


Tapi bukan itu yang membuat Aki kecil tertegun, tak jauh dari kandang kelinci, ada segerombolan anjing hutan, bertubuh besar seperti serigala. Aki kecil mulai dilanda takut melihat gerombolan anjing yang ukurannya lebih besar dari tubuhnya. Kaki kecilnya ingin berlari, tapi malah diam terpaku.


Setelah beberapa saat, majulah seekor anjing menghampiri Aki kecil. Semakin mendekat dan mulai mengendus ngendus Aki kecil. Sampai akhirnya anjing itu duduk dan memandang Aki kecil. Barulah Aki kecil tahu, itu adalah anjingnya dulu... Anjing yang dibuang ke hutan berbulan bulan yang lalu. Sekarang anjing itu sudah besar, sehingga Aki kecil tidak mengenalinya.


Dengan tangan kecilnya, Aki kecil memeluk anjing itu, dan mengusap ngusap kepalanya seperti dulu. Aki kecil tidak ingin kehilangan anjingnya lagi.
Tapi anjing itu tidak lama mengunjungi Aki kecil, beberapa saat kemudian anjing itu melepaskan diri dari pelukan Aki kecil, memandang Aki kecil seolah hendak berpamitan dan kemudian pergi bersama gerombolan anjing hutan dan menghilang di kegelapan malam.
Itu menjadi malam terakhir Aki kecil melihat anjingnya.

Anjing itu tidak pernah kembali lagi, walau ratusan malam Aki kecil menunggunya... 
Dan hingga kini, Aki belum pernah lagi merasakan cinta seperti itu...
Unconditional love..
Cinta tak bersyarat...